Blogs

Kaidah Live Chess #1

Pujakelana
| 12

Aturan Perilaku

 

Chess.com adalah sebuah komunitas yang ramah. Perilaku berikut ini terlarang dan dapat menyebabkan Anda ditendang (kicked) atau dilarang (banned):

  • Kecurangan (cheating)
  • Perkataan yang menyerang/menghina
  • Menyerang pribadi
  • Spam atau pengiklanan situs lain
  • Perdebatan tentang agama atau politik 
  • Tulisan yang tidak berguna/mengganggu 
  • Diskusi tentang kegiatan ilegal (narkoba, dll)

Secara sederhana: berbaik-baiklah dan bersenang-senanglah!

 

Memulai sebuah Game

 

Membuat Permintaan (Seek) - "Seek" adalah undangan terbuka untuk bermain. Anda klik pada tab "Challenges" kemudian klik tombol "Start New Game" untuk membuat permintaan terbuka agar pemain lain dapat melihat dan menerimanya. Anda dapat menambahkan beberapa parameter seperti kendali rating dan waktu.

 

Mencari Game - Di bawah tab Challenges terdapat daftar semua permintaan lain yang telah dibuat, Anda dapat menerima salah satunya dengan mengklik "Play" pada bagian kanan.

 

 

Menawarkan Tantangan- Untuk menantang satu pemain secara khusus, cara termudah adalah dengan mengklik nama mereka dalam tab "Challenges" atau tab "Friends" kemudian pada popup dipilih "Challenge to a game".

 

 

Berinteraksi dengan Anggota- Anda dapat klik pada nama pemain dalam tab "Challenges" atau tab "Friends" untuk melihat informasi lebih banyak tentang mereka, menantang mereka, atau mengamati game yang sedang mereka mainkan! Namun, jika Anda klik nama pemain pada papan permainan atau pada chat permainan maka Anda akan dibawa langsung ke halaman profil mereka.

 

 

Bermain

Memindahkan Buah- Memindahkan buah catur mudah! Anda dapat menyeret (drag) buah catur itu dengan mouse, atau klik buah catur itu lalu klik lagi petak yang ditujunya.

 


 

 

Cara Mengobrol (Chat)- Untuk chatting di ketik saja ke dalam kotak teks putih di bawah area chatting dan tekan ENTER pada keyboard Anda.


 

 

Kendali Waktu- Game-game pada Live Chess dibatasi waktu. Ada dua bilangan untuk waktu: bilangan pertama (kiri) menunjukkan berapa menit Anda harus menyelesaikan semua langkah; bilangan kedua (kanan) menunjukkan berapa detik Anda mendapatkan bonus untuk setiap langkah. Jadi waktu 5 | 5 berarti 5 menit + 5 detik per langkah.

 

Lag - "Lag" adalah ukuran berapa banyak waktu yang diperlukan untuk suatu langkah yang dibuat pada komputer Anda untuk diakui oleh server. Semakin jauh Anda dari Live server kami (di Los Angeles, CA, AS), semakin lama lag terjadi. Kami menggunakan teknologi pendeteksi-lag untuk menentukan lag dan menambah kembali waktu yang sesuai dengan jam untuk mengimbanginya. Jika Anda melihat waktu lawan Anda tiba-tiba melompat (naik), itu disebabkan mereka memiliki lag tinggi. Mereka tidak melihat langkah Anda selama lag berlangsung, sehingga waktu mereka tidak terhitung mundur selama itu.